/* Start Menu Vertikal*/
SITI HALWAH Kelas XI IPA 1. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENGHARGAI KEHIDUPAN



          Pernahkah anda sakit?.

          Apa yang anda rasakan saat anda sakit?, rasanya pasti sangat menyiksa. Saat kita sedang sakit, kita tidak memikirkan akan apapun kecuali cara agar secepatnya sembuh dan beraktivitas kembali. Hampir semua orang beranggapan bahwa sakit adalah musibah dan kendala untuk beraktivitas, padahal sebenarnya sakit mengandung banyak sekali manfaat dan hikmah yang bisa kita petik jika seandainya kita benar-benar berfikir secara cermat. 

          Berikut akan saya paparkan beberapa manfaat sakit.

Mengistirahatkan tubuh.

    Tubuh kita selalu beraktivitas hampir selama 7-8 jam perhari, itu adalah hasil rata-rata.   Lain lagi jika beberapa orang memilih menggunakan waktu istirahatnya untuk lembur dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang belum selesai. Hingga beberapa waktu yang lalu muncullah sebuah pepatah “Manusia bekerja dari pagi hingga malam untuk mencari uang, namun setelah mendapatkan uang, mereka malah mengeluarkannya untuk membeli kesehatan”. Ini adalah bukti bahwa selama ini kita terlalu memforsir tubuh ini hingga lupa untuk beristirahat. Maka dari itu  sakit, adalah waktu yang tepat untuk beristirahat. 

Isyarat bagi kondisi tubuh.

    Waktu yang baik untuk tubuh kita beristirahat adalah 8 jam. Di mulai dari 9 malam-5 pagi. 8 jam adalah porsi yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh dan sel-sel kita dari aktivitas yang padat. Namun beberapa orang memilih mengabaikan peringatan ini dan terus-menerus bekerja keras tanpa memperhatikan kesehatan tubuh. Akibatnya mereka akan merasakan sakit. Sebenarnya, sakit yang terjadi di sini adalah akibat aktivitas yang berlebihan. Sakit adalah pertanda bahwa tubuh kita sudah terlalu lelah untuk beraktivitas. Sakit adalah pertanda bahwa kita adalah manusia biasa yang masih mebutuhkan istirahat dan itu normal.

Cara mensyukuri nikmat Tuhan.

     Sehat adalah rizki dan juga Nikmat tuhan yang paling mahal harganya dan tidak bisa di beli dengan uang. Berapapun uang yang kita punya, kita tidak akan mampu membeli kesehatan. Maka dari itulah, sakit adalah cara tuhan untuk menyadarkan manusia betapa nikmatnya rezeki tuhan akan kesehatan. Kita tidak akan mengerti betapa berharganya sehat sebelum kita sakit. Karena itulah, saat kita sakit gunakanlah kesempatan itu untuk merenungkan apa saja yang kita lakukan selama ini hingga mengabaikan tubuh kita sendiri.

Menghargai kehidupan.

    “Jika kau ingin tahu seberapa besar harga kehidupan maka datangilah rumah sakit dan kuburan.” Kalimat diatas terasa sangat familiar di telinga kita. Namun taukah anda arti apa yang terkandung dalam kalimat tersebut? Kalimat di atas menganjurakan kita untuk menghargai hidup. Hidup yang sudah diberikan oleh Tuhan kepada kita dengan Cuma-Cuma. Tuhan bahkan tidak meminta bayaran apapun kecuali kita menjalankan perintahnya dan menjahui larangannya. Menjaga tubuh berarti sudah menjaga apa yang tukan berikan. Hargailah kehidupan yang sudah diberikan oleh Tuhan dengan menjaga tubuh dengan baik, beristirahat yang cukup dan menghargai waktu. Karena jika sang penguasa waktu sudah mengambil kembali waktu yang diberikannya kepada kita, maka yang tersisa hanyalah rasa penyelesalan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar