/* Start Menu Vertikal*/
SITI HALWAH Kelas XI IPA 1. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Laporan Kegiatan Wawancara


Narasumber : Nur Hayati S.pd
Tempat : Kantor Madrasah
Waktu : 06 -11-2013    jam : 08.00 WIB
Topik : Cara Meningkatkan Minat Siswa Dalam Membaca
                                              
1.     Apa sajakah manfaat membaca ?
Membaca memiliki banyak manfaat, sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa membaca itu membuka jendela dunia, jadi karena dalam kaitannya dengan bahasa Indonesia ada 4 jenis ketrampilan yaitu membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Itu artinya ke 3 ketrampilan yang lain tidak akan bisa berjalan tanpa adanya ketrampilan membaca. Misalnya menulis, tanpa ketrampilan  membaca kita tidak akan lancer menulisnya. Berbicarapun juga demikian, kecuali menyima karna berkaitan telinga, namun jika kita menyimak tentu tidak sekedar menyimak saja, karna biasanya apa yang kita simak akan kita tulis kembali dan menulis buuh ketrampilan membaca. Dan juga jika ketrampilan membacanya bagus maka ketrampilan yang lainnya juga akan bagus.

2.     Bagaimanakah kesadaran siswa tentang pentingnya membaca ?
Masih sangat rendah

3.     Mengapa kesadaran siswa tentang pentingnya membaca masih sangat rendah ?
Karena kita lihat saja kenyataannya, setiap jam istirahat yang penuh adalah kantin dan koperasi  sekolah bukan perpustakaan. Yang berada di perpustakaan hanyalah 1 atau 2 orang.

4.     Faktor apa sajakah yang mempengaruhi minat siswa dalam membaca ?
Ada beberapa faktor.
a)      Kemauan siswa
b)      Bisa karena perpustakaannya juga. Mungkin karena  jumlah  buku-buku baru dan buku-bku menarik lebih sedikit daripada jumlah buku-buku pelajaran dan buku-bku yang sudah ada sejak dulu.
c)      Pernyataan dari beberapa siswa yang meminta kalau penjaga perpustakaannya itu lebih muda sehingga minimal anak-anak itu tertarik pada penjaganya lebih dulu baru kemudian pada buku-bukunya.
d)     Kebiasaan.  Jika sejak kecil tidak di biasakan unuk membaca di lingkungan keluarganya atau mungkin di sekolah sebelumnya kurang memotivasi siswa untuk membaca, maka  untuk usia-usia MA ini sudah sulit untuk diajak membaca.

5.     Mengapa minat siswa dalam membaca buku pelajaran lebih rendah daripada minat siswa dalam membaca buku cerita atau novel ?
Mungkin karena novel atau buku cerita itu lebih mudah di cerna daripada buku-buku pelajaran. Selain itu mungkina juga lebih menarik.

6.     Apakah bahan bacaan di perpustakaan sudah mendukung minat  baca siswa ?
Sebenarnya sudah mendukung. Karena hamper setiap bulan itu selalu ada buku-buku baru. Tapi mungkin karena minat baca siswanya kurang. Karena sebagian besar  siswa jika tidak di paksa membaca itu tidak mau membaca.

7.     Bagaimanakah kiat-kiat ibu dalam menarik perhatian siswa di dalam membaca ?
Jika saya ada waktu, maka saya sediakan waktu 10 menit sebelum pelajaran di mulai untuk membaca buku lebih dulu. bukan siswanya yang di bawa ke perpustakaan, melainkan bukunya yang di bawa ke kelas. Jadi wajib membaca buku. Setelah itu di beri target tiap satu bulan harus membaca beberapa buku.

8.     Adakah perbedaan presatasi antara siswa yang suka membaca dengan siswa yang tidak suka membaca ?
Jelas ada. Dari anak-anak yang mnjadi pengunjung tetap  perpustakaan hamper semuanya berprestasi. Karena kemampuan berbahasa seseorang termasuk ketrampilan membacanya . jadi, sangat mempengaruhi intelegensi sesrorang.

9.     Fasilitas apa sajakah yang harus di penuhi di perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa ?
Fasilitasnya tentu saja di sesuaikan dengan minat baca siswa. Jika siswa suka membaca novel’ maka perbanyaklah novel-novel baru. Karena ada dana untuk itu. Seperti, denda siswa jika bukunya hilang, serta ada juga dana dari sekolah. Namun, jangan hanya di berikan novel-novel saja, tetapi juga buku pelajaran yang lainnya jangan sampai lupa. Lalu langganan surst kabar.  Kemudian fasilitas yang ada tadi kita jaga bersama.

10.                        Bagaimanakah harapan ibu terhadap minat membaca  di kalangan para pelajar ?
Tentunya minat membacanya tinggi. Minimal madding sekolah di optimalkan, karena mading saja sepintas di lewati tidak di baca apalagi buku. Trus karena membaca itu tidak pernah ada kata tidak bermanfaat. Buku sekuno apapunkita baca. Namun, memang harus di paksa lebih dahulu. Jadi ayo kita membaca, tidak ada kata terlambat



Rangkuman Wawancara

Narasumber menyatakan bahwa membaca itu membuka jendela dunia. Berkaitan dengan ketrampilan dalam bahasa Indonesia yang ada 4 yaitu ketrampilan membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Ketrampilan membaca adalah kunci dari 3 ketrampilan lainnya. Kesadaran siswa tentang pentingnya membaca masih sangat rendahseperti yang terlihat setiap istirahat bahwa yang penuh adalah kantin dan koperasi sekolah bukan perpustakaannya. Faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam membaca adalah kemauan siswa, kurangnya jumlah buku-buku menarik yang ada di perpustakaan serta kebiasaan siswa sejak kecil yang tidak di biasakan untuk membaca.


Narasumber mengatakan pula bahwa rata-rata siswa lebih berminat  membaca novel atau buku cerita di bandingkan buku pelajaran, alasannya karena buku cerita atau novel lebih mudah di cerna oleh pikiran. Selain itu, sebenarnya bahan bacaan di perpustakaan sudah mendukung. Namun, mungkin hanya karena minat baca siswanya masih sangat rendah atau kurang.


Narasumber menjelaskan kiat-kiatnya untuk meningkatkan dan menarik perhatian siswa dalam membaca yaitu dengan menyediakan waktu sekitar 10 menit sebelum pelajaran di mulai siswa di suruh untuk membaca lebih dahulu, kemudian di berikan target setiap 1 bulan atau 1 semester harus membaca beberapa buku. Terdapat perbedaan prestasi antara siswa yang suka .membaca dengan siswa yang todak suka membaca, karena kemampuan membaca seseorang termasuk ketrampilan membacanya sangat mempengaruhi intelegensi seseorang.

Harapan narasumber bahwa fasilitas yang seharusnya ada di perpustakaan itu di sesuaikan dengan minat baca siswa, kemudian beliau juga berharap bahwa fasilitas yang sudah ada itu mari kita jaga bersama. Mengenai harapannya tentang minat baca siswa yaitu tentunya minat bacanya tinggi. Lalu teruslah membaca karena membaca itu sangat bermanfaat. Jadi, ayo kita membaca.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar